PIPS 14 - JAKARTA : Enhancing Information Literacy through School Libraries * updated *

Pustakawan sekolah memegang peranan yang penting untuk mendukung proses pembelajaran dalam komunitas akademis di sekolah. Resit Galip, Menteri Pendidikan Turki, pernah menyatakan: "pustakawan bukanlah mesin untuk mengkatalog buku namun merupakan sumber bagi para siswa, seseorang yang memberi inspirasi bagi mereka untuk melakukan investigasi dan bertanya, seseorang yang menuntun mereka dan yang terus menjaga antusiasme dalam penelitian dan membaca yang mandiri. Pustakawan itu sendiri adalah pembelajar seumur hidup"

Itu sebabnya, perkembangan profesional yang berkelanjutan bagi pustakawan sekolah merupakan aspek penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di tempat mereka bekerja. Untuk memenuhi kebutuhan ini, APISI bekerja sama dengan beberapa sekolah di Jakarta akan mengadakan seminar dan workshop yang berjudul:

Enhancing Information Literacy through School Libraries

yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Desember 2009 di Perpustakaan Sekolah TIRTA MARTA - BPK PENABUR, Pondok Indah.

Selain seminar, peserta juga akan melakukan kunjungan ke dua perpustakaan sekolah untuk memberi kesempatan melihat dan mempelajari praktik yang dilakukan pada kedua perpustakaan sekolah tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:
- berbagi program maupun kegiatan dalam mempromosikan perpustakaan sekolah
- berkunjung dan belajar best practices dari perpustakaan sekolah lain


Waktu
08.00 - 17.00 WIB

Tempat
SEKOLAH TIRTAMARTA - BPK PENABUR
Jalan Sekolah Kencana IV, Pondok Indah
Jakarta Selatan.
Tlp. 021 - 7656615


Program acara:
8.00 – 9. 00 : Registrasi
9.00 – 9.30 : Pembukaan dan Sambutan dari SEKOLAH TIRTAMARTA - BPK PENABUR
9.30 – 10.45: Kepustakawanan Sekolah di Indonesia: literasi informasi dan Library 2.0(Hanna Latuputty)
10: 45 – 11:00: Rehat
11:00 – 12:00 : Cooperation between teacher and librarian to implement information literacy in learning process (Maria Fe Nicolau from Binus Int’l School Simprug)
Note: The session will be delivered in English
12.00 – 13.00: Makan siang (SEKOLAH TIRTAMARTA - BPK PENABUR)
13.00 - 17.00: Perjalanan menuju Perpustakaan Binus Int’l School Simprug dan Perpustakaan SMAN 70, Bulungan Jakarta (Pemenang Lomba Perpustakaan Kategori Sekolah Negeri yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional dan IKAPI tahun 2009)

Biaya registrasi ke rekening APISI : Rp 150.000,- (termasuk transportasi ke dua sekolah dari SEKOLAH TIRTAMARTA - BPK PENABUR, makalah, sertifikat dan makan siang serta penganan)

Bukti transfer dengan nama jelas, nomor telpon dan institusi dapat di faks ke Febi di nomor 021 746 37522 atau email to suratapisi@gmail.com

Sampai jumpa!