PIPS 8 - APISI dan Internat AlKausar, SUKABUMI


Selama ini perkembangan perpustakaan sekolah di wilayah Sukabumi belum mejadi perhatian. Jika guru-guru bidang studi tertentu telah secara berkala bertemu dalam suatu wadah MGMP, maka para pengelola perpustakaan sekolah berjalan sendiri-sendiri. Atau malah memang tidak berjalan sama sekali. Menyadari hal tersebut, para pengelola perpustakaan tergerak untuk mengadakan pertemuan yang membahas permasalahan yang ada dan upaya peningkatan profesionalisme tenaga pengelola.
Acara ini merupakan yang pertama setelah pertemuan informal yang membahas permasalahan dan harapan para pengelola perpustakaan sekolah di Sukabumi. Diharapkan akan berlanjut pada pertemuan berikutnya dengan pembahasan tema yang berbeda. Acara ini terdiri dari 2 sesi, yang berupa seminar.

SEMINAR
Sesi pertama membahas “Perkembangan Perpustakaan Sekolah” dengan 2 sub tema yaitu:
Kebijakan Pemerintah Daerah Sukabumi dalam bidang Pendidikan khususnya perpustakaan sekolah dibawakan oleh
Dra. Elly Kurnia, M.Pd. -- Kepala Perpustakaan Umum Daerah Kab. Sukabumi
Kondisi Faktual dan Masa Depan Perpustakaan Sekolah di Indonesia oleh Hanna Latuputty-George, SS --Ketua Umum APISI.

Sesi kedua seminar akan membahas hal-hal yang lebih praktis, yang merupakan sarana untuk peningkatan ketrampilan dan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan oleh para pengelola perpustakaan sekolah. Karena kondisi perpustakaan di masing-masing sekolah berbeda kami memilih 2 tema berbeda yang sesuai dengan harapan yang terlontar pada pertemuan awal.
Pembagian kegiatannya sebagai berikut:

Kelas A: Pembinaan minat baca oleh Lyra Redata dari Sekolah Al Ikhlas, Cipete, Jakarta.
Minat baca siswa merupakan salah satu hal yang masih sering dikeluhkan banyak pihak. Maka pendidikan di sekolah, selain pihak-pihak lain seperti keluarga dan Pemerintah, wajib berupaya meningkat minat baca. Pepustakaan sekolah tidak cukup hanya menyediakan buku, tapi harus mengupaya cara agar buku-buku tersebut dibaca para murid.
Materi pelatihan meliputi:
- Faktor yang mempengaruhi minat baca
- Program-program Peningkatan minat baca
Kelas B: Otomasi Perpustakaan: Pengenalan Software AT oleh Didik Witono dan Ridho & Senayan 3.0 oleh Arie Nugraha.
Software merupakan salah satu perangkat yang diperlukan dalam sistem otomasi perpustakaan. Untuk perpustakaan sekolah yang umumnya tidak memiliki anggaran yang cukup besar dan tenaga yang terampil di bidang IT, diperlukan software yang mudah dan murah. Salah satu alternatifnya adalah menggunakan software yang opensource. Dari sekian banyak software opensource yang ada, kami memilih Athenaeaum Light yang telah banyak dikenal dan digunakan serta Senayan 3.0 yang baru saja diluncurkan oleh Perpustakaan Diknas.
Acara yang dihadiri sekitar 58 peserta ini mendapat tanggapan positif. Mereka menyarankan
untuk menindaklanjuti seminar hari itu, memberikan penyuluhan kepada para Kepala Sekolah;
Pelatihan tehnik membaca cepat;Studi banding perpustakaan serta pelatihan disertai praktek.
Acara ini terselenggara atas kerja sama yang baik oleh:
- APISI Pusat
- YPPI (Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia)
- Internat Al Kausar
- STIE PGRI Sukabumi
- Penerbit Erlangga
- TB Bazaar Buku
Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan yang telah diberikan hingga acara ini berjalan dengan lancar. (R & HL)