Bengkel Menulis Bagi Pekerja Informasi Sekolah

Pada tanggal 9, 11 dan 13 Juli 2007, dengan dukungan penuh dari The British International School (BIS), Pak Putu Pendit datang ke BIS untuk menjadi coach pelatihan menulis bagi pekerja informasi BIS dan undangan. Menurut pak Putu, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah:

1. Mengembangkan minat, keterampilan, dan kepercayaan diri dalam menulis mengenai pekerjaan dan pengetahuan di bidang kepustakawanan dan informasi pada umumnya, dan profesionalisme pustakawan atau pekerja informasi sekolah pada khususnya.

2. Menghasilkan karya tulis dalam berbagai bentuk, terutama yang dapat meningkatkan pula profesionalisme pustakawan dan pekerja informasi sekolah.

3. Mengidentifikasi dan mengumpulkan tulisan yang dapat dikembangkan lebih lanjut dan disebarluaskan melalui berbagai media (blog, majalah internal, jurnal, dan sebagainya)

Peserta sebetulnya dibatasi 10 orang. Dari BIS tercatat empat orang dan enam orang lainnya diberikan kepada pengurus APISI, koordinator wilayah dan anggota yang bisa komitmen hadir untuk tanggal di atas. Sayangnya, hanya satu anggota pengurus yang bisa. Total peserta menjadi lima orang. Sebetulnya, banyak teman dan undangan yang ingin sekali ikut pelatihan ini. Namun keterbatasan waktu, tempat dan kesibukan masing-masinglah yang akhirnya menghambat mereka untuk ikut berpartisipasi. Tidak banyak peserta yang ditargetkan memang, hal ini untuk memaksimalkan waktu dan pemantauan hasil kerja menulis peserta.
Alhasil sekian artikel pun lahirlah. Ingin tahu seperti apa gaya tulisan peserta hasil 15 jam godogan pak Putu? Ada dua cara:

- melalui sebuah blog yang sebentar lagi akan di launch!
Blog ini nantinya diharapkan sebagai pemicu, bukan saja bagi ke-lima peserta yang hadir tapi juga mereka yang ingin mengembangkan potensi menulis mereka. Rasanya ilmu-nya akan mudah divirusi kok. :)

- melalui Buletin APISI yang juga akan di launch bulan Agustus nanti.

Penasaran? Sabar ya!!

(posted by HL)