World Book Day dan Sumbang Buku

Sumbangan Buku untuk Sekolah dari HMI-Utrecht dan APISI

Himpunan Mahasiswa Indonesia di Utrecht (HMI-Utrecht) dan Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia (APISI) bekerjasama untuk membantu pengembangan perpustakaan sekolah di Indonesia. Kerjasama yang dilakukan yaitu berupa sumbangan buku untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan. Bantuan berupa buku-buku untuk koleksi perpustakaan tersebut diberikan ke SDN I Legokherang-Kuningan dan SD Perguruan Rakyat 2 Jakarta Timur. Buku-buku tersebut akan diserahkan secara resmi pada hari Sabtu, 28 April 2007 pukul 13.30 dalam rangkaian acara perayaan World Book Day 2007 di Plasa Gedung A Depdiknas Jakarta.

Dana pembelian buku sumbangan sendiri merupakan hasil pengumpulan dana dalam acara Indonesian Day yang diadakan pada hari Jum’at tanggal 9 Maret 2007 di Belanda. Pemilihan sekolah dilakukan oleh APISI dan HIM-Utrecht dengan mempertimbangkan kondisi dan potensi perpustakaan sekolah tersebut. Buku-buku yang disumbangkan terdiri dari ensiklopedi, kamus, atlas, buku fiksi, buku non-fiksi, dan buku untuk pengembangan guru. APISI merancang pembelian buku sumbangan tersebut berdasarkan standar minimal perpustakaan sekolah dan standar kelayakan baca buku anak.

APISI sendiri akan melakukan pengontrolan dan pembinaan pasca sumbangan terhadap sekolah yang mendapatkan bantuan dalam kerjasama ini.
HMI-Utrecht dan APISI berharap program kerjasama ini dapat berlanjut sehingga semakin banyak perpustakaan sekolah yang dapat merasakan manfaatnya. (posted by hl)